Rukun Islam

Senin, 15 Juli 2013

                                                                      Rukun Islam

Rukun islam adalah  dasar atau hukum agama islam. Rukun islam merupakan pokok ajaran islam sebagai agama yang dirahmati Allah SWT. Oleh karena itu, rukun islam wajib untuk diketahui dan dilaksanakan oleh seluruh umat islam.

Apabila rukun islam ini dapat dijalankan dengan baik oleh umat islam, maka Insya Allah seorang muslim tersebut akan menjadi umat islam yang taat dan memiliki agama dan keyakinan yang kuat. Oleh karena rukun islam merupakan pilar atau tiang penyangga keyakinan seseorang, sehingga bangunan keimanan seorang muslim menjadi teguh dan kuat.

Rukun Islam ada Lima Perkara :
1. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat                                  

2. Mendirikan Sholat
3. Membayar Zakat
4. Berpuasa di bulan Ramadhan
5. Naik Haji bagi yang mampu.

Penjelasan Singkat dari kelima perkara tersebut sebagai berikut :

Pertama: mengucapkan dua kalimat syahadat. Arti dua kalimat syahadat adalah “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Allah dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul utusan Allah”. Dua kalimat syahadat tersebut wajib diucapkan ketika seseorang bermaksud memeluk agama islam. Dua kalimat syahadat merupakan pengakuan terhadap kekuasaan Allah SWT sekaligus pengakuan terhadap Rasulullah Muhammad SAW sebagai utusan Allah yang telah membawa dan menyebarkan agama islam sebagai rahmat bagi sekalian alam.


Syahadat, diartikan sebagai gerbang untuk memenuhi fitrah manusia, yaitu untuk beribada kepada Allah swt. syahadat juga meerupakan inti sari dari agama islam. Syahadat bermakna "Menolak" dan "menetapkan". Bahwa kita menolak segala sesembahan selain dari pada Allah dan kedua, kita meneatapkan bahwa hanya Allah lah Tuhan Yang patut kita sembah

Kedua: mendirikan shalat. Shalat merupakan ibadah yang dilaksanakan oleh umat islam. Melalui shalat, seseorang menyembah sekaligus menghambakan diri terhadap Allah SWT. Shalat memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar.

Ketiga: membayar zakat. Zakat berbeda dengan infaq atau sedekah. Zakat merupakan kewajiban umat islam yang harus dilaksanakan. Zakat memiliki takaran tersendiri. Hal ini dimaksudkan karena didalam harta setiap orang terdapat hak-hak anak yatim, dan mereka yang tidak mampu. Zakat memiliki makna keadilan sosial bagi seluruh umat manusia.

Keempat: berpuasa pada bulan ramadhan. Puasa pada bulan ramadhan adalah kewajiban bagi seluruh umat islam. Berpuasa tidak dimaksudkan untuk sekedar menahan lapar dan haus. Lebih dari itu, puasa dimaksudkan untuk belajar menahan dan mengendalikan hawa nafsu, termasuk diantaranya adalah rasa marah yang terkadang mendatangkan musibah. Selain itu, puasa pada waktu tertentu ternyata juga menyehatkan.

Kelima: pergi haji. Berangkat haji merupakan bentuk ibadah dengan ruh dan harta serta benda. Pada musim haji, umat islam dari berbagai penjuru berkumpul disatu tempat dengan pakaian yang sama untuk beribadah kepada Allah SWT. Pergi haji merupakan ibadah yang agak sulit dipenuhi bagi mereka yang kurang mampu. Namun, setiap muslim harus memiliki keyakinan bahwa ketika Allah SWT menghendaki mereka untuk menunaikan ibadah haji, maka mereka akan mampu memenuhi rukun islam yang kelima. Insya Allah.

Demikian uraian singkat dari kami mengenai rukun islam, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Artikel Terkait :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Proudly powered by Blogger